FALLOUT terjun bebas dengan FULL aksinya

“Mision impossible : Fallout” kita berasumsi  ini franchise pasti udah gak ada giginya lagi. kalau berbicara ke hampir satu dekade yang lalu, antara film ketiga dan keempat, kita bak dianggap ombang ambing apakah franchise ini trilogi atau serial terbuka. Sang maha bintang Tom Cruise sudah mendekati usia senja untuk sebuah film aksi yang non stop ini, apa benar film ini meredup akhirnya? seiring dengan usianya yang sudah mencapai stamina yang tidak lagi klimaks.

Tapi untungnya nih yah, ternyata TIDAK. Film ini menjadi lebih baik karena tiap-tiap film memiliki ciri khas sendiri dengan masing-masing mencoba melebihi ekspektasi film yang terakhir agar lebih menarik dan ambisius, Ethan Hunt sebagai tokoh utama yang terkenal dengan stunt gravitasinya telah mampu membuat perbedaan dengan film spy sejawatnya dan selama lebih dari satu dekade telah berkembang menjadi dunia yang terevolusi.

“Mision impossible : Fallout” kembali lagi dengan film yang penuh dengan gerobak stunt dengan tipikal cerita yang repititif yaitu menyelamatkan dunia. Dan seri ini menawarkan tur keliling Paris, London, dan Kashmir untuk seri ini penulis dan sutradaranya dibawakan kembali oleh sang Christopher McQuarrie dia kembali setelah membuat karya tulen dari film sebelumnya, “Rogue Nation” masih lanjut dong hubungan chemistry dari film sebelumnya ke film keenam ini kembali, dan pada seri ini, banyak hal pribadi yang terjadi.

Ethan Hunt sudah gak bisa bohong jika terlihat dari usianya, tapi yah namanya juga film Ethan mungkin adalah manusia berusia 55 tahun yang paling fitttt di jagat bumi, walau sudah nampak kerutan kecil di sudut matanya sih walau secara halus menggaris bawahi dengan keras bahwa dia bukan karakter yang rookie/newbie/kacangan yang ngasal terjang saja, dan tentu saja ini bukan rodeo pertamanya. Dan film ini adalah semua serba intuisi Hunt yang mencapai titik pengalamannya dalam menggapai keputusan demi dunia yang hendak akan dirontokkan oleh sang penjahat. Dan penjahatnya adalah masih seseorang yang pernah kita lihat sebelumnya (Sean Harris sebagai Solomon Lane, yang muncul saat misinya saat itu adalah untuk menghilangkan IMF di “Rogue Nation”).

Bukan seri IMF kalau tidak ada permainan topeng, iya topeng-topengan selalu kembali pasti dengan adegan yang kece dan tanpa kedip saat topeng terpasang dan tercopot.Bahkan Direktur CIA Erica Sloan (Angela Bassett) menggerutu dalam film “IMF itu kayak Halloween seumuran pria dewasa main topeng karet dan akting” yah memang sih namun pada dasarnya trik ini adalah yang dari film originalnya memukau banyak penonton dan akan masih terus berlanjut walau dalam film sendiri sudah banyak yang menyinyir bahwa ini adalah praktek kuno. Untuk IMF mungkin adegan ini yang paling banyak di tunggu-tunggu selain adegan stunt gravitasi.

Dan mungkin anda pikir Anda sudah melihat semuanya. Hunt telah memanjat tebing batu, membawa sepeda motor berkecepatan tinggi, dan mampu menghindari ledakan helikopter. Kalau kurang masih ada adegan kejar-kejaran di atap kota London dan adegan terjun payung ke atap kaca Grand Palais Paris. Dan pertemuan epik antara Hunt dan pembunuh bayaran rekrutan CIA si August Walker (“Man of Steel” Henry Cavill) ketika mereka mencoba untuk melumpuhkan seorang dealer senjata jahat bernama John Lark di ruang kamar mandi pria.

“Mision impossible : Fallout” berinti cerita sebuah misi dengan objektif rebut kembali tiga inti plutonium sebelum Lark dan organisasi teroris yang dikenal sebagai Rasul dapat menggunakannya untuk menargetkan Vatikan, Yerusalem, dan Mekkah dalam satu serangan terkoordinasi. Tapi McQuarrie membuat cerita agak rumit menempatkan Hunt dan timnya – Luther (Ving Rhames) dan Benji (Simon Pegg) – dalam perlombaan penuh keputus-asaan untuk mendapatkan kembali perangkat nuklir sebelum mereka dapat digunakan. Daya tarik film ini adalah penonton akan diarahkan dengan aksi melalui di lokasi yang indah, mengatur pengejaran di luar ruangan seperti London hingga Paris.
Perburuan terhadap agen IMF ini mungkin hampir seperti akting gila yang ingin bunuh diri, dalam aksinya mereka melompat dari atap tanpa melihat, bergegas melalui persimpangan dengan kecepatan tinggi, menjuntai dari ketinggian dimana kesalahan perhitungan sekecil apa pun akan berarti kematian tertentu walau dalam kenyataanya Cruise mengalami patah pangkal kaki saat melakukan lompatan dimana stunt dilakukan dia sendiri, takjubnya dia di detik dia merasakan kakinya patah dia tetap lanjutkan akting semampu dia untuk mendapatkan gambar yg gak mungkin dia ulang lagi… iyak masak mau patah kaki dua kali ya?.

Ideologi kejahatan itu adalah ego dan kesinisme bukan hanya untuk Lane tetapi namun juga sang musuh John Lark Bos dari group Apostles, di benak mereka telah tertulis sebuah manifesto yang menegaskan dunia telah menjadi sangat korup, mereka harus suatu tindakan tragedi besar untuk menciptakan perdamaian dan pemerintahan yang baru. Bahkan ada orang-orang di dalam pemerintahan yang setuju dengan mereka, termasuk Walker (Cavill). Dan Walker dan Hunt mereka adalah pasangan yang menarik, masing-masing bertugas memulihkan plutonium namun mereka saling tidak percayaan satu sama lain.

“Mision impossible : Fallout” membawa kita ke tipikal film aksi yaitu Ethan Hunt yang tidak bisa dihancurkan, tokoh yang lain pun juga. Dipastikan karakter dalam film ini bertahan tertabrak mobil, disambar petir, terlempar dari kendaraan yang bergerak, terbang lebih dulu di atas setang sepeda motor – tanpa helm dan setelah tabrakan kecepatan penuh, dilemparkan melalui cermin dan dinding, dipukul berkali-kali di tenggorokan, digantung di leher, jatuh jarak yang tidak masuk akal, dan bukan satu, tapi dua helikopter spektakuler jatuh berjatuhan. Dan mereka melakukan semuanya tanpa goresan. Mereka berjalan pergi, seperti superhero dan hal ini mengingatkan kita“Mision impossible : Fallout” bahwa Ethan Hunt dan rekannya seharusnya sangat hebat sebagai mata-mata super, bukan manusia super.

Namun jika ekspektasi anda untuk haus aksi yahh film ini bisa memberikan anda penonton pemuas dahaga yang selalu mematok digma film Cruise dan film IMF harus totalitas aksi.