ANNIHILATION (2018) FILM REVIEW

REVIEW FILM ANNIHILATION dan dari awal film pun sudah aneh..

ANNIHILATION, Untuk film yang satu ini sebenarnya inti ceritanya bisa agak sangat membingungkan, konon kabarnya tidak tayang di Indonesia karena plot cerita dan endingnya yang membingungkan sehingga tidak layak tampil, bisa jadi jika tampil justru nanti penonton akan minta uang kembali karena merasa bingung ini film apa maksudnya?. Memang Annihilation ini dari judulnya udah gak nyambung sama filmnya yah tentunya tetap harus nonton untuk tau nyambung apa tidaknya juga. Tipikal film alien yang jatuh kebumi lewat meteor tapi besarnya meteor tidak besar dan sampai menghantam menyebabkan tsunami ato gelombang panas api yang skala global mungkin Cuma sebesar rumah ukurannya dan yang pasti itu bukan meteor tapi pesawat berawak makhluk asing.

Dasar apa makhluk asing? Jadi cerita terbawa saat Natalie portman berperan sebagai Lena dosen Biologi di sebuah universitas dimana dia melakukan affair pada sesame dosen lainnya yaitu Danield, kenapa? Natalie sudah setahun ditinggal pergi oleh suaminya Kane yang diperankan oleh Oscar Isaac, dia pergi dalam misi yang selalu tidak disebutkan dimana kapan dan apa bentuk misinya jadi Natalie pun tidak tahu kapan dia akan kembali. Namun pada kenyataanya dia pun kembali pulang, secara fisik datang menghampiri natalie tapi apa yang terjadi dengan Kane karena dia bukanlah Kane yang pernah dia kenal.

Kane dibawa oleh sebuah organisasi karena badannya tiba-tiba sakit dan mengalami pendarahan parah Lena mencurigai Kane sakit yang tidak normal, dan kecurigaan dia semakin tinggi setelah mereka berdua dibawa dan dipisahkan dalam ruangan masing-masing. Lena bertemu dengan Dr Ventress Bersama dengan 3 orang lainnya yang dimana mereka adalah perempuan semua pergi dalam suatu misi dimana misi ini sudah dijalani oleh Kane, Misi apakah itu?

Operasi Dalam Kubah Gelembung Sinar

Seperti yang sudah di tulis sebelumnya tentang film Annihilation ini yakni berhubungan, dengan meteor yang jatuh tepatnya dipinggir pantai dekat dengan sebuah bangunan mercusuar namun benda tersebut dalam film ini mengeluarkan radiasi yang berbentuk gelembung bola yang makin membesar kian membesar dan sudah berjalan selama 3 tahun sehingga hampir memakan beberapa kilometer luas diameternya. Bentuknya seperti layak mainan anak2 yaitu gelembung balon sabun yang kita tiup dan menjadi gelembung balon dengan cahaya spektrumnya.

Jika kita lihat gelembung balon pasti kita liat banyak cahaya saling berpencar tidak berpola dan saling bergerak bak air sungai, nah itu yang terjadi pada anatomi makhluk hidup jika masuk kedalam kubah gelembung tersebut. Tidak hanya manusia, tumbuhan dan hewan semua bermutasi dna mereka berpencar dan mencampur tidak terurut seolah-olah seperti spektrum warna pada balon sabun. Manusia bertransformasi menjadi tumbuhan dan hewan bertransformasi menjadi makhluk lain, contohnya ada adegan sebuah makhluk yang dulunya beruang bermutagen terjebak dalam anatomi manusia karena manusia adalah makhluk terakhir yang berkontak fisik dengan beruang itu memang penggambaran dunia dialam kubah gelembung diperlihatkan sangat berantakan.

Lena dan timnya berusaha menuju ke arah mercusuar dimana sumber meteor itu terjatuh, namun satu demi satu teman ekspedisi Lena tumbang, ada yang meninggal karena diburu hewan dan ada yang termutagen menjadi tumbuhan, menyisakan Lena dan Dr Ventress. Perjuangan panjang Lena akhirnya sampai juga di mercusuar dimana akhirnya terjawab siapakah Kane sebenarnya setelah Lena menemukan Video rekaman Kane bunuh diri dalam ledakan bunuh diri menggunakan granat phosphor. Tapi Kane yang lain hidup dari pecahan badan yang terurai granat membentuk kembali anatomi badan kane namun bukan asli Kane karena Kane memang sudah mati yang tersisa hanya Dna Kane yang terurai dan terbentuk kembali dan hidup dalam arti alien sudah membentuk dalam diri Kane yang baru namun masih mempunyai memori kepada Lena.

Perjuangan Hidup Untuk Yang Sudah Mati

Film Annihilation yang penuh teka-teki, Lena pun penasaran setelah mendapati bahwa Kane telah mati yang hidup adalah duplikat suaminya dan pergi menuju ke pusat meteor adalah jawaban logis yang dia dapati untuk meminta jawaban penutup. Lena bertemu dengan sisa-sisa Dr Ventress yang sudah mendahului Lena dalam memasuki pusat jatuhnya meteor, Ventress sudah tidak lagi memiliki bentuk manusia namun yang terlihat hanya partikel warna yang berputar-putar berpencar-pencar mungkin ini adalah sisa-sisa dna Ventress.

Ventress mencoba menarik Lena kedalam poros kilauan namun Lena melawan dan akhirnya Lena berhasil merangkak keluar dari lobang pecahan meteor namun dalam keadaan terluka karena perlawanannya, darah yang menetes jatuh di lantai diserap oleh oleh sang alien yang masih dalam wujud kilauan sinar dan membentuk diri menjadi duplikat Lena walau tidak dalam kondisi 100% serupa, namun semua gerakan gerak gerik yang dilakukan Lena diikutinya termasuk menahan Lena dalam melarikan diri, dalam perjuangan akhirnya Lena berhasil melarikan diri setelah menjebak Alien untuk meledak diantara sisa-sisa granat yang ditinggalkan Kane.

Pergi larinya Lena meninggalkan Alien dalam keadaan terbakar oleh granat memicu serangkaian kehancuran yang berurutan, semua yang berada didalam kubah balon sinar satu demi satu terbakar baik itu pohon, perahu dan tanaman semua merembet dari radius dalam mercusuar sampe lingkar luar kubah dan Lena berhasil keluar dari dalam kubah dengan selamat. Adegan kembali membawa Lena sedang dalam tahap interogasi oleh Lomax, bertanya-tanya bagaimana dia dapat Lolos dan suaminya sementara yang lain tidak ada sedikutpun lolos. Dan Lena hanya bercerita apa adanya seperti yang dia alami dari awal hingga detik dimana dia bisa keluar kubah.

Dan Akhir Cerita Yang Sebenarnya

Iya apakah yang keluar dari kubah itu Lena yang sebenarnya? Atau kah Lena duplikat yang bercerita ulang kepada manusia menurut versinya sehingga menyakinkan manusia. Disini adalah percabangan konsep yang penonton berhak untuk memilih karena versi Lena kembali selamat keluar kubah dan bertemu dengan apa yang tersisa dari suaminya, dimana dia harus menerima takdir bahwa ini adalah suaminya namun dalam bentuk yang sama namun rasa yang berbeda. Atau memang ini adalah duplikat Lena yang telah berhasil hidup keluar dari kubah dan bertemu dengan pasangan Alien yang lain dalam tubuh Kane.

Untuk saya sih Lena dan Kane memang sudah menjadi pribadi orang asing sebelum mereka masuk kedalam kubah jadi keluar kubah pun tidak ada perubahan. Film Annihilation sungguh sarat pemikiran yang dalam untuk menontonya diharapkan Review Film Annihilation versi Indonesia ini cukup bisa dimengerti