INSIDIOUS: The Last Key benarkah yang terakhir ?

“Insidious” adalah sebuah awal seri dengan pencapaian yang mengesankan dalam skala yang besar karena bisa menampilkan banyak trik yang menakutkan dan merupakan salah satu serial film rumah berhantu dengan jumlah penonton terbanyak, film horor berbujet yang tidak terlalu mahal produksi James Wan namun bisa mengeruk penghasilan yang luar biasa. Empat film kemudian, masih melalui nyawa yang sama tetapi telah berjalan selama tujuh tahun dan juga telah mengalami perkembangan pergeseran konteks yang cukup menarik dan lebih jauh dalam ke dalam hidup sang demonologist Elise (Lin Shaye) sebagai tokoh utama dan juga sebagai juru selamat bagi yang membutuhkan.

“Insidious: The Last Key” sebagai film bab ke-4 dimana menyatukan latar belakang cerita dengan lumayan cerdasnya, film ini adalah sekuel dari prekuel “Insidious: Bab 3” dan prekuel dari “Insidious,” dimana yang berakhir dengan kematian Elise. Waktu diceritakan terjadi pada tahun 2010, “The Last Key” kembali membawa sang wanita berbakat Elise teringat bolak-balik kembali masa lalunya yang traumatis.

Dalam “Insidious” dan “Insidious: Bab 3,” Elise muncul setelah adanya panggilan tugas bagi siapa pun yang memanggil dia apabila butuh bantuan, namun pada “The Last Key” memposisikan dia sebagai bintang dari awal cerita, dengan cerita tentang kilas balik dramatis ke masa kecilnya di pinggiran penjara di Five Keys, New Mexico pada tahun 1952. Di sinilah Elise saat usia muda menghadapi pelecehan di tangan psikotiknya. Ayah (Josh Stewart) setiap kali dia membuat klaim tentang melihat penampakan hantu menyeramkan yang muncul di sekitar rumah mereka pada malam hari. Tak lama kemudian, dia terkunci di ruang bawah tanah, di mana lampu menyala dan mati dan di saat itu suara mulai berbisik memanggilnya untuk melakukan hal-hal yang menakutkan.

Berpindah hingga beberapa dekade kemudian, di mana Elise akhirnya menemukan hidupnya yang tenang, sebagai kelanjutan dari “Insidious: Bab 3,” dia telah mendirikan jasa bantuan hantu dengan penyelidik paranormal yang lain oafish Tucker (Angus Sampson) dan Geeky Specs (Leigh Whannell). Duo pasangan penyelidik aneh ini terus mengawal jejak Elise ke rumah-rumah yang terdapat hantunya dengan berbekal kamera yang lengkap. Upaya kocak duo ini yang terus-menerus untuk menambahkan beberapa bumbu lucu pada operasi bisnis trio paranormal contohnya slogan mereka yang selalu berubah-ubah (“She’s psychic, we’re sidekick / Dia paranormal, kita adalah pendamping”). Dan kali ini mereka berpetualang di lokasi strategis di New Mexico, di rumah kumuh yang sama tempat dimana Elise dibesarkan.

“The Last Key” lebih banyak menampilkan problem masa lalu Elise dari penggambaran masa lalu keluarganya saat ibunya terbunuh dan juga saat Elise pergi meninggalkan adiknya sendiri dengan ayahnya yang kejam, pada seri ini pun akhirnya Elise bertemu kembali dengan adiknya yang telah lama dia tinggalkan Christian Rainier (Bruce Davison), Elise kembali berkelana kedalam limbo biru yang gelap biru dan penuh dengan asap misterius dimana hantu utama menantinya didalam menunggu Elise untuk kembali lagi direbut rohnya.

Shaye membawa begitu banyak ketakutan dan kengerian kembali pada film ini apalagi dengan quote dialog “Setan mengikuti saya ke mana-mana,” Elise sudah ditakdirkan untuk mengusir ancaman supernatural walau film ini judulnya sebagai yang terakhir namun masih ada sentilan bahwa ada panggilan seseorang yang masih membutuhkan bantuan kembali.